SERAH TERIMA APLIKASI SISTIM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan serah terima Aplikasi Sistim Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Ruang Sidang Senat UNY (14/9). Pihak ANRI diwakili oleh Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan, MPA dan dari pihak UNY diwakili oleh Wakil Rektor II UNY, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. Aplikasi SIKD tersebut dalam bentuk compact disc dan buku panduan aplikasi untuk kepentingan pengelolaan arsip dinamis di lingkungan UNY. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai dukungan dan komitmen pada UNY untuk membangun sistim arsip yang baik.

Dalam sambutannya Dr. Mustari Irawan, MPA mengatakan bahwa arsip merupakan salah satu concern dalam tata kelola pemerintahan. “Menurut UU no 43 tahun 2009 disebutkan bahwa ANRI adalah lembaga kearsipan nasional yang bertugas dalam bidang kearsipan negara” kata Kepala ANRI “Merupakan tugas ANRI untuk melakukan pembinaan pada lembaga kearsipan PTN”. Menurutnya dengan pengelolaan arsip yang baik akan berefek pada pelayanan mahasiswa maupun masyarakat, bahkan dapat sebagai alat penyimpan kekayaan dan heritage intelektual. Sedangkan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd mengatakan bahwa kehebatan sebuah lembaga bisa dilihat dari arsipnya, oleh karenanya pengelolaan arsip merupakan hal pokok. “Kedepannya pengarsipan di UNY akan dibagi dua, yaitu secara fisik dan dunia maya” kata Wakil Rektor II UNY. Arsip fisik meliputi berkas-berkas dan arsip dunia maya merupakan arsip digital yang disimpan di internet. Dengan adanya aplikasi SIKD ini maka pengarsipan digital menjadi wajib.

Seusai penyerahan aplikasi SIKD dilanjutkan dengan workshop pengelolaan arsip oleh Nur Mas Intan Berliana, MAP, Arsiparis Madya Direktorat Kearsipan Pusat ANRI yang diikuti oleh lebih dari 50 orang staf, kasubag dan kabag di lingkungan UNY. Sementara itu Kepala ANRI didampingi Wakil Rektor II dan Kepala BUPK UNY Setyo Budi Takarina, M.Pd meninjau ruang arsip UNY.(dedy)