RAPAT KERJA UNIVERSITAS

Dalam rangka mendayagunakan sumberdaya pendidikan secara efektif dan efisien serta untuk mencapai sasaran dan tujuan penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan rapat kerja yang melibatkan semua institusi dan unit kerja di lingkungan UNY. Rapat kerja dilaksanakan selama dua hari pada Kamis-Jumat 29-30 September 2016 di Ruang Sidang Utama UNY.

Rapat kerja dihadiri oleh jajaran rektorat, dekanat, para kepala tata usaha dan kasubag se-UNY serta unsur perwakilan mahasiswa termasuk para ketua BEM fakultas sebanyak 300 orang lebih. Menurut Ketua Panitia Gunawan Ariantapa, ST., rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun rencana kegiatan tahun 2017 sebagai panduan penyusunan kegiatan. Rapat kerja dibuka oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk memudahkan konsolidasi sekaligus mewujudkan program kerja demi mencapai tujuan lembaga.

“Dosen dan tenaga kependidikan di UNY juga punya andil dalam mencapai tujuan tersebut” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. Rektor berharap pada tahun 2017 UNY semakin memantapkan dirinya sebagai universitas kependidikan yang semakin unggul dan disegani di Indonesia dan Asia Tenggara. Dalam rapat kerja ini para Wakil Rektor UNY memaparkan laporannya. Wakil Rektor I UNY Wardan Suyanto, MA., Ed.D dalam laporannya menyebutkan bahwa capaian bidang akademik tahun 2016 diantaranya Peningkatan kemampuan Bhs Inggris melalui ILLC (Independent Language Learning Centre) dan dukungan sit-in dan PPL mahasiswa di luar negeri.

“Penyiapan dosen untuk studi lanjut baik ke luar negeri maupun dalam negeri melalui pelatihan bahasa Inggris di P2B LPPMP UNY dan P2B Universitas Negeri Malang” kata Wardan Suyanto, Ed.D “Ini untuk peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan”. Sedangkan kedepan direncanakan peningkatan atmosfer akademik melalui Lesson Study, srawung ilmiah, FGD, Seminar akademik, dan kegiatan akademik lainnya. Sedangkan Wakil Rektor II UNY Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd mengatakan bahwa pada bidang tata kelola akan dikembangkan tata kelola berbasis budaya, pengembangan manajemen kelembagaan berbasis pengetahuan serta penguatan kapasitas sumberdaya universitas.

“Juga pengembangan unit usaha sebagai salah satu sumber pembiayaan universitas dan keterpaduan semua program tersebut” kata Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. Sedangkan prioritas kegiatan tahun 2017 diantaranya penyusunan aplikasi monitoring dan evaluasi berbasis kinerja serta pengembangan sistem aplikasi pegawai. Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes memaparkan arah pembinaan kegiatan kemahasiswaan. Menurut Wakil Rektor III UNY tersebut, arah pembinaan kegiatan kemahasiswaan terdiri dari pembentukan moral, sikap, dan jati diri mahasiswa serta pengembangan organisasi kemahasiswaan yang demokratis dan efektif. “Kami juga mengembangkan kegiatan kemahasiswaan menuju pada peningkatan penalaran, kreativitas, menumbuhkan daya saing, kewirausahaan, kebugaran dan kepedulian sosial” kata Prof. Dr. Sumaryanto.

Menurut Wakil Rektor III UNY tersebut prioritas tahun 2017 akan diadakan pembinaan karakter dan softskills mahasiswa, meliputi Success Skills, Creativity, Leadership, dan Entrepreneurship serta peningkatan prestasi mahasiswa dalam berbagai event nasional/regional/internasional, baik sebagai penyelenggara maupun peserta meliputi organisasi mahasiswa bidang Penalaran, Seni, Olahraga, dan Minat Khusus. Sedangkan Wakil Rektor IV UNY Dr.rer.nat Senam menargetkan percepatan kerja sama dan internasionalisasi lembaga sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan UNY dalam persaingan di dunia pendidikan tinggi global. “Layanan internasional yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Iinternasional dan Kerjasama UNY meliputi kemitraan dalam negeri, program internasionalisasi lembaga dan kemitraan luar negeri” kata Dr. rer.nat Senam. Kemitraan dalam negeri hampir menyebar di seluruh tanah air.

Semua nota kesepahaman tersebut tersebut semua masih aktif dan terlaksana kegiatan yang diharapkan, seperti PPL, Magang mahasiswa, program pendidikan mahasiswa dari pemerintah daerah, transfer kredit, pelatihan (PPM), penelitian dan penyusunan grand design pendidikan di Kabupaten Pamekasan. Target kerja di tahun mendatang adalah meningkatkan intensitas kerja sama dengan landasan MoU yang telah dimiliki baik dengan dalam maupun luar negeri. (dedy)