PENYERAHAN PIAGAM TANDA KEHORMATAN SATYALANCANA KARYA SATYA PNS UNY TAHUN 2020

Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10, 20, atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. Satyalancana Karya Satya dibagi dalam tiga kelas, yaitu Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, Satyalancana Karya Satya 20 Tahun, dan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun. Selain menerima piagam, juga menerima medali dengan warna medali satyalancana karya satya 10 tahun (warna perunggu); satyalancana karya satya 20 tahun (warna perak); dan satyalancana karya satya 30 tahun warna emas.

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penyerahan Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi pegawai negeri sipil di lingkungan UNY, yang sudah direncanakan akan digelar pada saat perayaan Dies Natalis ke-56 dibarengkan pada saat Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia. Namun dikarenakan masih tingginya tingkat kenaikan persebaran Covid-19 akhirnya baru terlaksana hari ini (12/10) di Auditorium UNY.

Laporan dibacakan oleh Prof. Dr. Edy Purwanta, M.Pd. Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, "Pada tahun 2020 pegawai UNY yang mendapat satyalancana karya satya sebanyak 51 orang, dan sebelumnya pada tahun 2019 sebanyak 25 orang, sehingga total yang akan menerima piagam tanda kehormatan hari ini sebanyak 76, terdiri dari dosen sebanyak 35 orang, dan tendik 41 orang". Dari data yang disampaikan oleh beliau, untuk penghargaan 30 tahun terdiri dari 22 dosen 13 tendik, penghargaan 20 tahun 3 dosen dan 5 tendik, dan penghargaan 10 tahun dari dosen 10 dan tendik 23.

Pemberian piagam diserahkan ke masing-masing peserta oleh pelaksana tugas rektor, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan menggunakan masker serta sarung tangan. Sesaat setelah menyerahkan piagam kepada 76 peserta, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. memberikan sambutannya "Selamat kepada bapak ibu dosen dan tenaga kependidikan, atas piagam tanda kehormatan satyalancana karya satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun, terimakasih karena telah mengabdi di UNY kita tercinta, semoga menjadi amal bakti bapak ibu sekalian. Kami berharap bapak ibu sekalian dapat tetap menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, komitmen, tanggungjawab, kestiaan, dan pengabdian kepada bangsa dan negara, terlebih kepada lembaga kita tercinta,